Menyusun Proposal Penawaran

Hasil gambar untuk menyusun proposal penawaran
Menyusun Proposal Penawaran

 

Ini dia Menyusun Proposal Penawaran. Proposal merupakan suatu rancangan kegiatan yang dibuat dalam bentuk formal yang dinyatakan dalam dokumen tertulis yang telah disiapkan oleh wirausahawan untuk menggambarkan unsur yang relevan yaitu baik yang internal ataupun yang eksternal. Dan proposal usaha itu sendiri merupakan dokumen tertulis yang berisi mengenai usaha yang sedang direncanakan.

Bagaimana Cara penyusunan Proposal Usaha? Yuk kita simak bersama dibawah ini :

  1. Tujuan yang realistis : tujuan yang harus dicapai pada perusahaan, pencapaian tersebut akan berpengaruh dalam menentukan langkah kedepan serta adanya penyesuaian antara kemampuan, sehingga hal ini akan diukur adanya kesatuan antara waktu dan parameternya.
  2. Fleksibelitas : Harus mudah disesuaikan dengan perkembangan usaha dan memung­kinkan munculnya alternative strategi yang dipormulasikan
  3. Batasan waktu : tujuan proposal usaha harus dibuat secara berkesinambunangan dengan adanya evaluasi waktu, maka akan memberikan kemajuan pada perusahaan sehingga target pun akan tercapai
  4. Komitmen : San­gat dibutuhkan sekali untuk bisa berkomitmen yang tinggi pada usaha yang akan dicapai serta mental yang handal apapun yang terjadi penuh perjuangan, karena kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, motto perusahaan dan pada diri kita harus berpegang teguh dan perlu keyakinan  bahwa segala usaha yang dilakukan dengan prosedur yang baik dan benar maka suatu saat akan mencapai keberhasilan.
Hasil gambar untuk menyusun proposal penawaran
Para Wirausahawan

Apa Manfaat dari Proposal Usaha?

Ini dia beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari seorang wirausahawan dalam penyusun proposal usaha atau bisnis penawaran produk :

  1. Bermanfaat untuk membandingkan antara perkiraan dengan hasil yang akan dicapai secara nyata.
  2. Bermanfaat untuk membantu para wirausahawan untuk mengembangkan dan menguji strategi
  3. Bermanfaat menyediakan alat komunikasi bagi wirausahawan untuk memaparkan dan meyakinkan gagasannya kepada pihak lain secara menye­luruh
  4. Selalau membantu wirausahawan untuk dapat berpikir kritis serta objektif pada bidang usaha yang akan di­masukinya.
  5. Adanya persaingan kotor ekonomi dan analisis finansial yang masuk dalam subjek proposal usaha sehingga diperlukan kecermatan mengenai seberapa besar angka keberhasilan dalam usaha dan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dari penyusunan proposal.

Oleh karena itu, proposal usaha harus dibuat bukan untuk dikonsumsi sendiri, melainkan untuk pihak luar yang terkait, yaitu seperti seorang bankir,para  investor, para konsumen, seorang konsultan, seorang pengacara, pemerintah daerah, dan sebagainya. Maka wirausahawan dalam menyaji­kan proposal usaha harus selengkap mungkin dan gunakan lah bahasa yang mu­dah dipahami dan disahakan menggunakan bahasa sederhana. Nah ini dia, ada beberapa hal yang sebaiknya dimiliki oleh seorang wirausahawan atau tim penyusun proposal usaha, yaitu se­bagai berikut :

  • Kemampuan menguasai pengetahuan teknologi, layak rea­tivitas, sangat inisiatif, dan selalu inovatif.
  • Kemampuan membuat proyeksi keuangan perusahaan.
  • Kemampuan dalam bidang pema­saran untuk produk prusahaan.
  • Pengalaman dalam bidang usaha yang digelutinya pada perusahaan

Demikian, artikel mengenai menyusun proposal penawaran. Semoga bermanfaat 🙂 

Incoming Search Terms : 

menyusun proposal penawaran multimedia
contoh menyusun proposal penawaran
proposal penawaran proyek multimedia
materi menyusun proposal penawaran multimedia
membuat proposal penawaran kerjasama
membuat proposal penawaran produk
membuat proposal penawaran jasa
cara membuat proposal penawaran