Membuat Story Board Aplikasi Multimedia

Hello, Guys 🙂 pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang beberapa tahap pembuatan “ Storyboard Aplikasi Multimedia “  yuk, kita simak bersama dibawah ini :

Image result for Membuat Storyboard Aplikasi Multimedia
Belajar Membuat Story Board Aplikasi Multimedia

 

  1. Apa yang dimaksud dengan STORYBOARD ?

Storyboard merupakan sebuah kolom teks, audio dan visualisasi yang keterangannya mengenai sebuah content dan visualisasi yang digunakan untuk memperoduksi sebuah course. Untuk derajat storyboard bisa saja berbeda karena ada berbagai tahap yang harus dilalui yaitu sesuai dengan tujuan pada pembuatan story board.

Tidak hanya itu saja, storyboard juga merupakan sebuah konsep komunikasi yang diungkapkan secara kreatif dengan menggunakan teknik dan media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual, termasuk dengan audio yang mengolah elemen desain grafis yaitu berupa bentuk dan gambar,  huruf dan warna serta pada tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan dapat diterima oleh sasarannya. Storyboard juga tidak terbatas hanya pada pembuatan iklan saja karena produksi game, cd multimedia dan elearningpun menggunakan story board.

Pada dunia perfilman animasi, storyboard memang mempunyai peran penting yaitu sebagai panduan bagi setiap orang yang terlibat didalam cerita tersebut, mereka adalah seorang sutradara, penulis cerita, lighting, kameramen dan sebaginya.

Untuk melengkapi storyboard maka film diberikan dialog yang diambil dari nasakah yang telah diterjemahkan kedalam gambar. Dan tujuan pemakaian storyboard adalah untuk memungkinkan seseorang dalam pembuatan film yang untuk menvisualisasikan ide-ide mereka dan juga sebgai alat untuk mengkomunikasikan ide mereka dari keseluruhan film.
Storyboard tak hanya diperuntukkan buat adegan action yang rumit tapi juga film kecil dan romantis biasanya menggunakan storyboard karena dapat membantu sutradara dalam memperjelas emosi dan dialog yang ingin dimunculkan dalam film tersebut.

  1. Kelemahan Storyboard dan Solusinya

Kelemahan yang dimiliki storyboard adalah tidak menunjukan adanya gerakan-gerakan kamera, efek optikal,  yaitu seperti pemudaran ( blus dan disoving). Tetapi, tidak perlu khawatir karena setiap pemasalahkan pasti ada jalan keluarnya yaitu dengan menggunakn tulisan dan gambaran skematis untuk mendeskripsikan apa yang tidak dapat digambarkan.

  1. Siapa saja pengguna Storyboard ?
  • Advertising yaitu untuk menjual produk kepada klien. Contohnya adalah video game
  • Serial Televisi
  • Multimedia biasa dipakai untuk CD edukasi, pelatihan atau program tutorial lainnya.
  • WEB DESIGN, Biasanya digunkan untuk sketsa web seperti gambar, video, animasi dan ilustrasi
  • INDUSTRI PEMERINTAHAN, Digunakan juga untuk menampilkan ide – ide pada saat pembuatan sebuah proyek video pemerintahan

Demikian, guys.. info yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita bersama 🙂

 

Incoming  Search Terms :

membuat storyboard aplikasi multimedia ppt

materi storyboard aplikasi multimedia

unsur dan elemen storyboard

artikel storyboard multimedia

tahap tahap pembuatan storyboard

mengenal dan membuat storyboard

aplikasi pembuat storyboard

cara membuat storyboard dalam animasi