Memahami Cara Penggunaan Peralatan Tata Cahaya

Hasil gambar untuk Memahami Cara Penggunaan Peralatan Tata Cahaya
Memahami Cara Penggunaan Peralatan Tata Cahaya

Menerapkan Teknik Pengambilan Gambar Profesional. Pengambilan gambar atau memotret merupakan sebuah aktifitas yang tidak hanya sekedar membidik suatu objek setelah itu menekan tombol shutter pada kamera anda. Tetapi, yang perlu kita perhatikan adalah bagaimana cara menciptakan sebuah konsep atau ide yang matang supaya tidak mengalami kesulitan saat dilapangan dan tidak kalah pentingnya yaitu memahami dalam hal komporasi, ketajaman dan pencahayaan.

Lalu bagaimana, cara kita menerapkan teknik pengambilan sebuah gambar? Biar tidak penasaran. Yuk.. kita bahas bersama tentang teknik dasar pengambilan gambar :

Teknik Dasar Pengambilan Gambar

Mengambil gambar pada suatu objek atau memotretnya dengan baik, tentu akan menghasilkan sebuh karya foto dan yang harus dilakukan seorang fotografer pada awalnya adalah menguasai kamera dan bagaimana cara kerjanya sebuah kamera.

  1. Focusing : suatu proses penajaman pada suatu titik objek foto, tentu ini akan menentukan kesan “kedalaman” pada sebuah foto. Objek tersebut meliputi benda diam dan benda bergerak.
  1. Pengaturan Speed : suatu proses pembakaran negative pada kamera bagian dalam yang akan berpengaruh pada cara kerja dan kecepatan rana kamera. Dengan rana kamera, maka akan menentukan kecepatan rana saat pembakaran dengan pengaturan speed.
  1. Pengaturan Diafragma : sebuah foto akan berkesan menarik jika terdapat dimensi ruang serta dengan adanya diafragma, tentu akan menentukan berapa luas ruang tajam pada foto anda. Bahkan Fasilitas diafragma pada sebuah lensa kamera  juga akan berperan penting dalam mengatur pemisahan antara bidang background dan objek utama.
  1. Teknik Zooming : membuat gambar objek tampak lebih mendekat sedangkan zoom out yaitu gambar objek tampak lebih menjauh.
  1. Teknik Panning : teknik ini untuk mendapatkan efek gerak pada obyek yang bergerak contohnya adalah balap motor, orang berlari, hewan berlari dan lain sebaginya. Untuk hasil dari teknik panning adalah adanya efek motion (gerak) pada latar belakang (background).
  1. Double/Multi Ekspose : teknik ini mengkombinasikan beberapa perekaman imaji/gambar dalam satu bingkai frame. Teknik ini membutuhkan penuangan kreatifitas, ide, konsep dan pemahaman komposisi serta pencahayaan.

Hasil gambar untuk Memahami Cara Penggunaan Peralatan Tata Cahaya

  1. Bulb adalah proses pemotretan dengan memanfaatkan fasilitas bulb pada kamera. Fasilitas bulb pada kamera memberikan keleluasaan dalam menentukan berapa lama rana terbuka untuk proses pembakaran.
  1. Siluet adalah teknik pemotretan untuk menampilkan gambar obyek dalam keadaan gelap. Teknik ini memanfaatkan arah sumber cahaya yang berasal dari balik obyek yang akan kita potret. Teknik ini membutuhkan ketepatan pencahayaan agar obyek yang kita rekam tetap tampil dengan kontur dan ketajaman yang tepat.
  1. Makro adalah sebuah pemotretan dengan menggunakan lensa makro untuk mendapatkan gambar obyek yang sangat dekat sekali. Foto makro juga digunakan untuk mendapatkan detail dan tekstur pada obyek yang kita potret.
  1. Framming adalah sebuah pemotretan dengan memanfaatkan unsur lain pada obyek yang kita potret sehingga membentuk kesan frame/bingkai tersendiri untuk menambah nilai keunikan dan menarik serta memperkuat kesan foto secara visual.
  1. Strobis Strobist adalah teknik pemakaian flash secara external.  Nah, keuntungan dengan menggunakan teknik ini adalah kita bisa memposisikan satu atau lebih flash di mana saja untuk mengatur arah, intensitas, cahaya dan untuk menghasilkan foto sesuai dengan keinginan kita.

Demikian, artikel yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan bahan referensi kita bersama.

Incoming search terms:

silabus memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
soal memahami cara penggunaan peralatan tata cahaya
menggunakan peralatan tata cahaya
menjelaskan dasar tata cahaya
peralatan tata cahaya dan fungsinya
contoh peralatan tata cahaya
peralatan tata cahaya beserta fungsinya
peralatan utama tata cahaya