Memahami Alur Proses Produksi

Hasil gambar untuk memahami alur produksi multimedia
Memahami Alur Proses Produksi

Memahami Sebuah Alur Proses Produksi. Di dalam pembuatan produk multimedia yaitu seperti perfilman, game atau hiburan, interaktif dan lainnya tentunya harus memalui beberapa tahap yang sudah ditentukan supaya hasil yang diperoleh bisa sempurna dan optimal. Tahapan tersebuat berupa Proses alir produksi multimedia yang terdiri dari 3 sub proses yaitu :

Hasil gambar untuk Memahami Alir Proses Produksi

  1. Pre-Production ( Pra-produksi )

Merupakan sebuah proses penyiapan semua elemen yang terlibat dalam sebuah produksi ( Shotting ) seperti film atau video.  Pada proses awal ini dimulai dengan pengaturan budget, pemilihan sutadara, cameramen, actor, crew, lokasi, peralatan, kostum dan lain sebagainya.

  1. Ide dan pemilihan konsep adalah sebuah pemikiran atau gagasan yang bertujuan menuangakan gagasan tersebuat kedalam media berupa audio dan visual.
  2. Synopsis atau story line merupakan rangkuman atau bentuk pemendekan film yang tetap memperhatian unsur pada cerminan film tersebut atau penyajian karangan film yang panjang dan dibentuk menjadi singkat.
  3. Naskah atau script merupakan sebuah pembuatan rancangan audio visual treatment dan pembuatan naskah secara rinci dengan cara mengembangakan gagasan utama pada story line dengan membuat cerita yang sangat menarik dan informatife. Yang diawali dengan penjelasan dan pengenalan pada tiap karakter cerita secara menyeluruh.
  4. Storyboard dan shot list merupakan teknik shoting, yang telah dibuat daftar pengambilan gambar pada setiap adegan dan divisualisasaikan dalam sketsa gambar.
  1. Proses Production

Merupakan sebuah proses pelaksanaan produksi atau shotting yang mengacu pada persiapan yang telah dihasilkan dari proses Pre-production.

  1. Penyutadaraan atau directing merupakan seorang pemimipin yang bertugas melaksanakan shotting dan mengatur bagaimana caranya tim dalam pembuatan film yaitu seperti actor, lighting, cameramen, editor, artistic dan special effek artis supaya dapat tampil pada semestinya didalam pembuatan film dan sesuai dengan naskah.
  1. Teknik shotting dan penguasaan kamera terdiri dari 4 teknik yaitu :
  • Angel merupakan sebuah sudut pandang pengambilan gambar yang dapat dilihat dari view finder pada sebuah kamera film/video.
  • Lighting atau Pencahayaan merupakan sebuah proses pengambilan gambar yang didapatkan baik dari sumber natural (sinar matahari) pada shoting exterior/luar ruang, ataupun melalui bantuan sinar lampu pada shoting interior/dalam ruang.
  • Komposisi merupakan teknik pengaturan posisi gambar, ukuran dan kedalaman ruang, perspektif & mood pada adegan yang disesuaikan pada naskah.
  • Log atau Catatan Shoting merupakan penjelasan penandaan disetiap gambar peradegan yang sudah selesai diambil, serta dilengkapi dengan keterangan koordinat waktu atau timecode pada kaset yang digunakan.
  1. Post Production

Merupakan proses penyelesaian akhir atau finishing yaitu dari  rangkaian produksi (shoting ) yang terdiri dari pengeditan gambar, penambahan title, grafik animasi dan special effek, music, sound effeck, audio, dubing dan output ke media video seperti DVCAM, MiniDV dan CD/DVD

Sekian, artikel tentang Memahami Alur Proses Produksi yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah ilmu untuk kita bersama. Terimakasih 🙂

Incoming Seacrh Terms : 

memahami aliran proses produksi produk multimedia
memahami alir proses produk multimedia
memahami alir proses produksi produk multimedia
download materi memahami alir proses produksi produk multimedia
memahami alur proses multimedia
modul alir proses produksi produk multimedia
pengertian alir proses produksi multimedia
contoh alir proses produksi multimedia